Senin, 06 Juli 2020

Polres Kubu raya Bersama Gapotan Lakukan Panen Perdana Pada Musim Tanam Gadu

Polres Kubu raya Bersama Gapotan Lakukan Panen Perdana Pada Musim Tanam Gadu

Kubu Raya-Kalbar,wakapolres kubu Raya KOMPOL AMIN SIDDIQ, S.H. Melakukan kegiatan Panen Perdana Demplot Padi Musim Tanam Gadu yang bertempat dilahan persawahan TR. 7 dilahan Kelompok Tani Krida Karya Desa Rasau Jaya Satu Kec. Rasau Jaya.

Kegiatan panen perdana demplot padi tersebut diselenggarakan di TR. 7 dilahan Kelompok Tani Krida Karya pimpinan Bpk. Tujan yang tergabung dalam Gapoktan Makarti Mukti Tama pimpinan Bpk. Purnoto Desa Rasau Jaya Satu Kec. Rasau Jaya.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka mendukung program pemerintah guna memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan area luas tanam serta mendorong dan memotivasi Kelompok Tani lainnya.

Kegiatan panen padi tersebut dengan luas lahan ± 7Ha diperkirakan menghasilkan ± 35 ton dengan menggunakan alat perontok padi.

Kendala yang dihadapi pada saat musim gadu adalah suplai air yang kurang serta serangan hama.

Harapan Gapoktan Makarti Mukti Tama adalah kedepan Kubu Raya khususnya Rasau Jaya mampu menerapkan kemandirian dibidang pangan dan memotivasi Kelompok Tani Lainnya serta mengharapkan dukungan dari Dinas Pertanian Kubu Raya.

Adapun sponsor dalam kegiatan tersebut adalah Kapolres Kubu Raya, CV. Ladang Ponti (distributor pupuk), Penyuluh Lapangan Pertanian, Bhabinkamtibmas dan anggota Gapoktan.

Dalam tanya jawab Gapoktan Makarti Mukti Tama Desa Rasau Jaya Satu memohon kepada Dinas Pertanian Kubu Raya agar disediakan gudang penyimpanan alat dan pupuk dan meminta bantuan alat perontok padi dan jagung. Tanggapan dari Asisten II untuk membuat proposal yang ditujukan kepada Bupati Kubu Raya dengan tembusan Dinas Pertanian Kubu Raya.

Bahwa kegiatan tersebut merupakan program Kapolres Kubu Raya dan Gapoktan Makarti Mukti Tama Desa Rasau Jaya Satu Kec. Rasau Jaya yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan luas tanam diwilayah Kec. Rasau Jaya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu memberi motivasi bagi para Gapoktan lain agar tetap menjaga ketahanan pangan diwilayah Kabupaten Kubu Raya dan kedepan diharapkan Rasau Jaya diharapkan menjadi andalan Kabupaten Kubu Raya dalam suwasembada pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar